tersangka pembunuh kim jong nam
BERITA INTERNASIONAL BERITA UMUM Info Terbaru

Tersangka Pembunuh Kim Jong Nam Akhirnya Dibocorkan

Tersangka Pembunuh Kim Jong Nam Akhirnya Dibocorkan ke Media

Tersangka Pembunuh Kim Jong Nam – Indonesia terus mengamati dugaan terlibatnya seorang wanita WNI, dalam keterlibatan pembunuhan Kim Jong-nam. Sebuah tim yang bertugas untuk memberikan pendampingan terhadap WNI yang bersangkutan pun sudah berada di Malaysia.

Dijelaskan Direktur Perlindungan  WNI dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhamad Iqbal, semua data-data mengenai terduga pelaku telah didapatkan.

“Kita sudah punya semua detail dari WNI tersebut, kapan dia masuk ke Malaysia, dimana dia tinggal saat di Malaysia, kota kelahirannya,” jelas Iqbal.

“Namun, karena proses hukum masih berlangsung kita tetap ingin menjaga kerahasiaan data WNI tersebut,” sambungnya.

Meski demikian, Kemlu tidak akan ikut campur dalam investigasi yang dilakukan Kepolisian Malaysia. Pemeriksaan tersebut merupakan hak penuh pihak yang berwenang di Negeri Jiran.

“Pemerintah Malaysia saat ini sedang melakukan verifikasi terhadap data korban. Namun yang kita dengar dari berita sejauh ini seperti itu, yang jadi fokus kami WNI-nya yang diduga lakukan pembunuhan tersebut,” ucap Iqbal.

Kim Jong-nam meninggal pada hari Senin, 13 Februari 2017. Kim diduga diracuni sebelum naik pesawat di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), Malaysia.

Baca Juga : Istri Gusdur Buka Perayaan Kirab Budaya dan Ruwat Bumi Cap Go Meh di Karawang

Pihak Malaysia juga telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa pria yang berpergian dengan nama palsu Kim Chol itu adalah kakak dari pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-nam.

Polisi juga saat ini tengah mencari empat pria yang juga terlihat menemani dua perempuan itu di bandara sesaat sebelum Kim Jong-nam dibunuh.

Ada spekulasi yang mengarah ke Korea Utara yang berada di balik pembunuhan tersebut. Tetapi beberapa analis mempertanyakan apa motif Kim Jong-un membunuh Kim Jong-nam karena ia bukan ancaman dalam kepemimpinannya.

Menurut laporan awal, Jong-nam diyakini diserang oleh dua wanita dengan mendekap dan menyemprotkan zat kimia.

Sebelum akhirnya meninggal, Kim Jon-nam sempat mengatakan beberapa kata. Kakak tiri Kim Jong-un itu mengaku merasakan sakit yang luar biasa.

“Sangat sakit, ini sangat sakit sekali, saya disemprotkan cairan,” ujar Kim Jong-nam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.