Info Terbaru

Kondisi rambut rusak yang kering atau kusut bisa jadi penyebab rambut gampang patah dan rontok. Selain itu penampilan keseluruhan akan terlihat tidak segar.

Ilustrasi

Berikut beberapa hal yang membuat rambut rusak

1. Mengabaikan kebersihan peralatan rambut

Banyak orang abai pada kebersihan peralatan rambut, seperti sisir, pelurus rambut, dan lainnya. Padahal, hal itu diperlukan agar residu atau kotoran yang ada pada peralatan tersebut tidak kembali ke rambut.

2. Penggunaan alat yang terlalu panas

Penggunaan alat penata rambut seperti pengeriting, pelurus hingga pengering rambut yang terlalu panas bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

3. Terlalu jarang atau sering mencuci rambut

Creative director HARI’s salons, London, Craig Taylor menjelaskan pada Marie Claire bahwa rambut kering seharusnya dicuci maksimal dua kali seminggu menggunakan sampo surfaktan bebas sulfat dan mengandung pelembap berkonsentrasi tinggi (glycerine, sodium PCA) untuk membantu mengatasi dehidrasi rambut.

4. Menghindari potong rambut

Beberapa orang yang ingin memanjangkan rambut mungkin enggan memotong rambut mereka. Padahal, idealnya pemotongan rambut dilakukan secara berkala.

Tak perlu memangkasnya dalam jumlah banyak, cukup merapikan bagian ujungnya.

5. Mengeringkan rambut dengan handuk

Celebrity hairstylist Monae Everet menjelaskan kepada HuffPost bahwa mengeringkan rambut dengan handuk akan membuat teksturnya yang kasar merusak rambut.

6. Menyisir ketika rambut basah

Menurut Healthy Women, rambut yang basah akan lebih rapuh dan mudah rusak. Termasuk ketika kita menggunakan sikat atau sisir setelah keramas untuk merapikan rambut. Kebiasaan tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada rambut.

7. Mengikat rambut saat basah

Hairstylist dan creative direcror Living Proof, Tim Rogers menjelaskan kepada Marie Claire bahwa mengikat rambut yang basah akan membuat rambut rusak dan rapuh.

8. Tidur dengan rambut basah

Tak sedikit orang yang pergi tidur setelah mandi dan berkeramas. Tidur dengan kondisi rambut basah ternyata tidak dianjurkan. Sebab, bentuk rambut akan menjadi tampak aneh dan berantakan ketika kita bangun.

9. Terlalu banyak berjemur

Sama seperti pada kulit, berjemur terlalu lama di bawah paparan sinar matahari akan menimbulkan kerusakan pada rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *