makar 212
BERITA BERITA UMUM FAKTA-FAKTA Info Terbaru

Makar 212 Terus Diselidiki, Siapa Dalangnya?

Makar 212 Terus Diselidiki, Siapa Dalang di Balik Ini?

Makar 212 Р11 Aktivis dan sebagian tokoh nasional ditangkap polisi pada Jumat 2 Desember. Sekitar pukul 05.00 WIB, semua dibawa ke Polda Metro Jaya karena diduga merencanakan makar pada aksi demo 212.

Berikut adalah nama aktivis dan tokoh tersebut. Ratna Sarumpaet, Kivlan Zein, Adityawarman, Firza Husein, Eko, Alvin Indra, Rachmawati Soekarnoputri, Ahmad Dhani, Sri Bintang Pamungkas, Jamran dan Rizal Kobar.

Aktivis dan tokoh tersebut dijeras dengan pasal yang berbeda. Delapan orang diperiksa dan sudah dipulangkan yakni, Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, Eko, Alvin Indra, Ahmad Dhani, dan Rachmawati Soekarnoputri.

Sementara tiga orang lainnya yaitu, Sri Bintang Pamungkas, Jamran, dan Rizal Kobar ditahan di Polda Metro Jaya. Ketiga orang ini dijerat dengan UU ITE dan juga Pasal 107 JO Pasal 110 KUHP tentang makar dan Permufakatan Jahat.

Sesudah menyelidiki kasus tersebut, polisi menemukan dalang di balik makar 212. Namun, Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Kombes Rikwanto tidak ingin mengungkapkan kepada media siapa dalang tersebut.

Beberapa bukti yang kuat juga sudah di genggam. Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, ada beberapa bukti dugaan makar yang dilakukan Sri Bintang, Jamran dan juga Rizal Kobar.

Martinus mengatakan, Sri Bintang menerikan dana dari pihak tertentu dalam dugaan kasus makar 212. Selain itu, ada indikasi lain sampai polisi memutuskan untuk menahannya.

Polisi juga akan memeriksa saksi dan ahli terkait kasus dugaan makar sejumlah tokoh nasional ini. Pemeriksaan ini berlangsung juga untuk menelusuri kemungkinan adanya penyandang dana dalam upaya makar itu.

“Masih dikembangkan oleh penyidik, masih memerlukan beberapa saksi,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Baca Juga : Fakta – Fakta Mengejutkan Tentang Negara Tirai Bambu Tiongkok

Selain memeriksa Sri Bintang, polisi juga akan memeriksa Rachmawati Soekarnoputri setelah ia sembuh dari sakitnya. “Segera kami akan periksa kalau kondisinya sudah membaik,” ujar Argo.

Saat dihubungi, penasihat hukum Rachmawati, Aldwin Rahadian menyatakan kakak Megawati itu masih dalam masa pemulihan. Kondisi Rachmawati turun derastis akibat penangkapan pada Jumat 2 Desember.

Aldwin juga menegaskan bahwa kliennya akan kooperatif terhadap proses penyidikan kasus makar 212 yang menimpanya. Dalam pemeriksaan nanti, Rachmawati akan mengklarifikasi tuduhan pada dirinya.

Menurut Aldwin, sudah bukan rahasia umum kliennya itu memang kerap memberikan kritik terhadap kebijakan pemerintah yang dianggap tidak mementingkan rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.