Tak Berkategori

5 Karakter yang Harus Dimiliki Pencari Kerja

Setiap perusahaan pastinya tak ingin merekrut karyawan asal-asalan. Ada faktor-faktor yang di gunakan untuk merekrut para pekerjanya terutama perihal karakter.

Karakter setiap karyawan adalah hal penting yang menunjang kemajuan sebuah perusahaan.

Ilustrasi karyawan.

Berikut 5 Karakter yang Harus Dimiliki

1. Dapat Diandalkan

Bisa diandalkan adalah nilai penting dalam pekerjaan. Jika atasan tidak dapat mengandalkan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, bagaimana sebuah tim bisa mencapai kesuksesan?

Untuk karyawan yang bisa diandalkan, sering kali seseorang harus cepat tanggap terhadap pemerintah yang keinginan atasan. Mereka yang lambat menjawab perintah atau tidak segera melakukannya, bisa dianggap tak bisa di andalkan.

2. Jadilah Karakter yang “Admirable”

Admirable di sini bisa diterjemahkan sebagai orang yang menyenangkan, terpuji, dihormati, hingga dikagumi. CEO Amazon, Jeff Bezos, mengatakan bahwa bekerja dengan seseorang yang Anda kagumi membuat Anda bekerja lebih keras dan menciptakan kekompakan tim.

Jadi, bagaimana caranya menjadi seseorang yang mengagumkan? Kenalilah teman kerja Anda secara personal, bukan hanya di kantor. Bersosialisasilah dengan mereka, dan mengerti hal-hal apa yang mereka anggap penting.

3. Jujur

Anda tidak bisa menyebar omong kosong di tempat kerja. Seorang pimpinan dapat mendeteksi kebohongan dengan cepat hanya dari perkataan.

Kejujuran dan transparasi di tempat kerja sangatlah penting, baik pada klien atau lingkungan internal. Kejujuran dapat meningkatkan hubungan antar tim, juga rasa nyaman dan kepuasan di tempat kerja.

4. Rendah Hati

Sehebat apapun Anda tetaplah rendah hati. Jangan menyombongkan diri. Tidak semua orang ingin mendengar betapa hebatnya diri Anda. Sebanyak apapun prestasi Anda, tetaplah rendah hati. Selalu tingkatkan “nilai” dengan tnidakan bukan kata-kata.

5. Efektif

Pegawai yang bertanggung jawba tidak akan melakukan pekerjaan minimal lantas pulang kerumah begitu saja. Inilah yang juga disarankan oleh Jeff Bezos.

Hal ini adalah wujud tanggung jawab saat pertama kali wawancara kerja. Dobrak batasan yang pada diri Anda. Bagikan visi kreatif, komunikasikan kemana Anda ingin melihat perusahaan berjalan, dan tumbuh dengan peranan Anda. Pimpinan tidak ingin mempromosikan karyawan yang tidak bersemangat dalam pekerjaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *