Info Terbaru

Fakta Tentang Lubang Hitam

Para peneliti di dunia baru saja membagikan bukti visual pertama tentang adanya lubang hitam.

Ini membuktikan pada masyarakat bahwa black hole yang misterius itu benar-benar ada di alam semesta. Terlepas dari pertama kalinya black hole tersebut di saksikan oleh manusia.

Lubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang

Berikut ada beberapa fakta yang di dapatkan tentang benda misterius tersebut.

1. Mengisap Materi Secepat Kecepatan Cahaya

Ilmuwan dari University of Leicester mendapati jika lubang hitam tersebut dapat menarik objek kedalamnya dengan kecepatan sepertiga cahaya.

Penelitian yang diterbitkan tersebut pada awal September 2018 lalu, mengungkapkan pengalaman tim ilmuwan melihat bagaimana massa jathu langsung ke lubang hitam dengan kecepatan tersebut.

2. Mampu Mengisap Benda Seukuran Matahari

Tim Astronom Australia National University (ANU) baru saja mengidentifikasi adanya lubang hitam sangat besar yang dapat menghisap segala benda langit dengan sangat cepat.

Lubang hitam ini mampu mengisap benda langit yang massanya setara dengan matahari setiap dua hari sekali.

3.  Menyemburkan Material Ketika Mengisap Bintang

Para ilmuwan berhasil mendapatkan gambar semburan material ketika sebuah bintang “tertelan” oleh gaya gravitasi dari sebuah black hole di inti galaksi, dan itu bukan merupakan ledakan supernova.

Peristiwa ini berjarak hampir 150 juta tahun cahaya dari Bumi. Lalu pada 17 Juli 2005, para ahli sudah mendeteksi adana sumber emisi pada gelombang radio yang berbeda dengan lokasi yang sama.

4. Memiliki Bunyi Ketika Bersatu

Para penelitian proyek The Laser Interferometer Gravitional-Wave Observatory (LIGO) mengungkap bunyi saat black hole tersebut menyatu.

Ternyata, bunyi tersebut tidak sekeras seperti tabrakan dua mobil, tetapi hanya seperti balon yang meletus.

5. Penemu Lubang Hitam Bukan Einstein.

Einstein bukan orang yang menemukan lubang hitam walaupun dia lewat teorinya memperkirakan keberadaan benda tersebut.

Karl Schwarzschild yang pertama kali menggunakan persamaan revolusioner milik Einstein dan menujukkan bahwa black hole memang ada.

Dari Karl, dikenal radius Schwarzschild, sebuah pengukuran untuk menujukkan seberapa benda harus termampatkan untuk menjadi black hole

Jauh sebelum teori tersebut, seornag ahli dari Inggris bernama John Michell juga sudah memperkirakan keberadaan “bintang hitam” yang sangat besar atau begitu padat yang bisa mempengaruhi daya tarik gravitasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.