Dari Banyaknya Gamers Indonesia, Hanya Sedikit yang Serius
Berita Nasional

Dari Banyaknya Gamers Indonesia, Hanya Sedikit yang Serius

Dari Banyaknya Gamers Indonesia, Hanya Sedikit yang Serius

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Asia Tenggara yang bisa dibilang memiliki jumlah gamers terbanyak. Sebenarnya, pendapat itu sudah benar, tetapi dari banyaknya para gamers di Indonesia ternyata hanya untuk mengisi waktu luang saja. Dengan kata lain, hanya untuk bersenang-senang saja dan tidak dilandasi dengan keseriusan.

Yang dimaksudkan dalam arti bersenang-senang adalah hanya sedikit para gamers di Indonesia yang menjadikan game sebagai lahan mata pencaharian. Berbanding terbalik dengan para gamers di luar sana yang bahkan menjadikan game sebagai lahan untuk mata pencaharian mereka. Padahal, industri eSport semakin hari semakin maju saja fitur-fiturnya.

“Ada banyak survei terkait gamer di Indonesia. Tapi salah satunya menyebut bahwa jumlah gamer di Indonesia kurang lebih 20 sampai 40 juta orang. Tetapi, yang serius hanya sekitar dua sampai tiga juta orang saja,” ujar Eddy Lim, Presiden serta Pendiri Asosiasi eSport Indonesia di jumpa pers Taiwan Excellent 2017 di Neo Soho, Jakarta, Kamis (03/08/2017).

Yang dimaksud oleh Eddy akan keseriusan adalah menganggap dirinya sebagai atlet eSport. Dan sering terjun dan mengikuti berbagai perlombaan sampai kompetisi bergengsi yang diluncurkan eSport.

Dari Banyaknya Gamers Indonesia, Hanya Sedikit yang Serius

Di Indonesia sendiri, industri eSport sebenarnya sudah mendapatkan pengakuan resmi dari pemerintah sejak tiga tahun yang lalu. Asosiasi berdiri tak lain dimaksudkan untuk membantu mengembangkan industri eSport. Agar dapat bersaing dengan beberapa negara di luar sana yang sudah tumbuh makin pesat.

Indonesia di bidang eSportnya akan memulai debutnya di ajang Asian Games 2018. Walaupun, Indonesia sebelumnya belum pernah sama sekali mengikuti kompetisi serta turnamen dengan hadiah hingga miliaran rupiah. Namun, baru kali ini pertandingsn game dibawa ke ranah yang lebih bergengsi dan sifatnya bisa mengharumkan nama bangsa.

“Sudah fix masuk Asian Games. Tapi, ya memang belum tahu informasi lebih lanjut, soal game yang dipertandingkan dan sebagainya. Semua sudah tahulah Indonesia biasanya mepet dikit baru bergerak,” imbuh Eddy mengkonfirmasi eSport di Asian Games 2018.

“Pun masih masuk Asian Games 2018, eSport masih sebatas ‘anak bawang’ saja. Peserta yang berpartisipasi belum bisa memperebutkan medali seperti cabang olahraga lain,” tambahnya. Baca lainnya hanya di indonesiaviva.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *