arus mudik
BERITA BERITA UMUM Info Terbaru

Arus Mudik di H-7 Menuju Lebaran 2017

Arus Mudik di H-7 Menuju Lebaran 2017, Seperti Ini Kondisinya Saat ini

Arus MudikĀ – Memasuki hari ke-7 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, suasana arus mudik sudah dirasakan di beberapa kota. Seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sejumlah kota-kota besar lainnya.

Lebaran memang menjadi momentum warga perantauan untuk berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman masing-masing.

Tradisi mudik dari tahun ke tahun memang rutin dirasakan seminggu jelang hari raya. Mulai dari semakin meningkatnya jumlah arus kendaraan yang meramaikan ruas jalan tol, padatnya terminal dan pelabuhan, hingga makin ramainya antrean di stasiun kereta api.

Contoh di wilayah Jakarta, sejumlah stasiun yang biasa membawa pemudik menuju wilayah Jawa telah dipadati calon penumpang. Banyaknya jumlah calon penumpang membuat bangku di ruang tunggu yang disediakan pihak stasiun saja tidak dapat menampung keseluruhan pemudik.

Seperti salah satunya stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sekitar 25 ribu pemudik memadati stasiun kereta api jarak jauh tersebut. Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin mengatakan, jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen terus bertambah.

Pada tanggal 15 Juni, tercatat ada 23.905 penumpang, 16 Juni ada 25.038 penumpang. Pada tanggal 17 Juni tercatat 25.265 penumpang dan pada hari ini telah tercatat sebanyak 25.265 pemudik yang akan naik dari Stasiun Pasar Senen.

Baca Juga : Gubernur Djarot Menjenguk Mantan Gubernur Ahok di Mako Brimob

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan tingginya animo masyarakat untuk pulang ke kampung halaman menggunakan kereta api.

“Kalau hari ini, sampai sekarang sudah 25 ribu penumpang. Kemungkinan akan terus naik, karena itu data yang sudah transaksi,” ujarnya.

Sementara untuk penumpang di Stasiun Gambir, pada 15 Juni tercatat ada 13.235 penumpang, pada 16 Juni 15.706 penumpang, pada 17 Juni 15.695 penumpang, serta pada 18 Juni 14.258 penumpang.

Arus mudik tidak hanya dirasakan di Jakarta saja, jumlah pemudik kereta api yang berhenti di Cirebon mengalami lonjakan pada H-7 menjelang Idul Fitri.

Berdasarkan data yang ada di posko mudik di Stasiun Cirebon, hingga pukul 10.00 WIB, total penumpang yang turun di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mencapai 6.128 penumpang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari penumpang H-7 pada tahun sebelumnya yang hanya 4.923 penumpang.

Sementara untuk penumpang yang dari Daop 3 Cirebon pada H-7 mencapai 4.371 penumpang. Jumlah tersebut naik dibandingkan dari tahun sebelumnya yang hanya 2.339 penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.